Mengenal Tentang Konsep Telemedicine

Posted by: Administrator Comments: 0

Mengenal Tentang Konsep Telemedicine

Banyak aspek kehidupan yang kian menjadi penting untuk kita, khususnya setelah pandemi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tidak terkecuali aspek kesehatan, yang kini juga sudah tidak dapat dipisahkan dari pengaruh teknologi. Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul sebuah konsep baru dalam dunia kesehatan yaitu Telemedis, layanan medis online yang memungkinkan tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan dari jarak jauh dengan bantuan teknologi.

Lalu, bagaimana dan hal apa saja yang dapat membantu lembaga atau institusi kesehatan dalam menerapkan konsep Telemedis ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Koneksi Internet yang Berkualitas
Internet menjadi kunci kesuksesan penerapan konsep Telemedis. Karena konsep yang dilakukan secara online pastinya sangat tergantung pada koneksi Internet yang berkualitas sehingga dapat mengakomodir kebutuhan secara maksimal.

2. Perangkat atau Alat Kesehatan yang Memadai
Sebuah lembaga atau institusi kesehatan harus memiliki perangkat medis yang memadai, seperti alat USG, X-Ray, MRI, dan lain sebagainya. Dan untuk menerapkan konsep Telemedis, dibutuhkan perangkat teknologi yang dinamakan wearable device, atau perangkat yang dapat mudah kita gunakan salah satunya aplikasi yang ada pada smartphone. Ada berbagai perangkat yang kini telah hadir untuk memonitor kesehatan seperti detak jantung, kadar gula dan tekanan darah, dan lainnya. Dengan koneksi Internet, seluruh data yang terekam oleh perangkat ini akan terhubung langsung ke pusat data secara realtime yang dapat diakses oleh tenaga medis, yang akan menjadi rujukan dalam menentukan langkah penanganan pasien selanjutnya.

3. SDM atau Tenaga Medis Profesional
Teknologi yang digunakan tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Karena itu, tenaga medis pun harus mendapatkan pengetahuan datu pelatihan yang memadai terkait konsep Telemedis untuk hasil yang maksimal.

4. Aplikasi Kesehatan yang Memudahkan
Lembaga atau institusi kesehatan juga dapat menggunakan aplikasi kesehatan yang memudahkan baik untuk para tenaga medis maupun pasien. Dengan aplikasi ini, data maupun hasil pemeriksaan dapat diakses dan dimonitor dengan lebih mudah kapan saja dan dimana saja.

5. Menyimpan Data Pasien dengan Baik
Mengingat konsep Telemedis dijalankan secara online, menjadi penting untuk pelaku kesehatan menyimpan dan mengelola data medis pasien dengan sangat baik. Seluruh data harus terjaga dengan baik, karena kejahatan online pun semakin marak terjadi, dimana data dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, institusi atau lembaga kesehatan juga dapat menggunakan layanan Data Center atau penyimpanan data, yang menawarkan layanan penyimpanan data secara lengkap dan menyeluruh.