Cara Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi

Posted by: Administrator Comments: 0

Cara Meningkatkan Imun di Tengah Pandemi

Menjaga dan meningkatkan imunitas di tengah pandemi sangat penting untuk dilakukan agar kita bisa terhindar dari virus COVID-19. Dan berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas.

1. Kelola Stres dengan Baik

Stres dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan melemahkan sistem imun. Karena itu, kamu harus bisa mengelola stres dengan baik. Pandemi saat ini pastinya membuat banyak orang menjadi stres dan ketakutan yang berlebihan. Karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar masyarakat membaca informasi terkait COVID-19 yang akurat, seperti yang ada pada situs pemerintah yaitu covid19.go.id atau melalui situs WHO. Selain itu, kamu juga harus lebih sering melakukan apa yang membuat kamu bahagia seperti menjalankan hobi kamu sendiri. Dan jika kamu merasa tingkat stres sudah semakin parah, ada baiknya kamu mengambil waktu istirahat untuk menenangkan diri.

2. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tubuh yang sedang lelah biasanya akan mudah terserang penyakit. Karena itu, ada baiknya kamu memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup setiap harinya. Di tengah kesibukan sehari-hari, istirahat seringkali terlewatkan padahal memiliki waktu istirahat yang cukup bisa meningkatkan imun dalam tubuh. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7-9 jam sehari.

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat dengan Rajin Berolahraga

Olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan imunitas kita. Meskipun saat ini kita masih dianjurkan untuk berkegiatan di rumah saja, bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga. Nyatanya, banyak olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sendiri dari rumah. Sebaiknya, kamu rutin berolahraga setiap hari atau paling tidak dua hari sekali.

4. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan juga menjadi hal penting yang harus selalu diperhatikan khususnya selama masa pandemi yang masih terus berlanjut hingga saat ini. Karena dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang, imun tubuh kita juga bisa meningkat. Hindari juga untuk membeli makanan di sembarang tempat yang tidak tahu kebersihannya. Setiap hari, kamu harus rajin mengkonsumsi buah, sayur, vitamin dan suplemen, serta minum air putih paling tidak 8 gelas atau 2 liter per hari.

5. Rajin Berjemur

Sinar matahari ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia Salah satunya adalah membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh, dimana ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh secara alami. Karena itu, ada baiknya kamu berjemur di bawah sinar matahari di antara jam 9 atau jam 10 pagi, dan kamu cukup berjemur sekitar 15-30 menit secara rutin setiap harinya.