Lengkap! Inilah Harga Paket Medical Check Up di Indonesia 2024

Posted by: virtu_blog Comments: 0

Lengkap! Inilah Harga Paket Medical Check Up di Indonesia 2024

Ditinjau oleh dr. Komang Juwita Endrawati, Sp.PK

Seringkali, orang enggan menjalani Medical Check Up (MCU) karena khawatir dengan biayanya yang terkadang dianggap tidak sedikit. Namun, sebenarnya, jika dibandingkan dengan pengeluaran untuk mengobati penyakit kronis, biaya medical check-up menjadi investasi yang kecil demi kesehatan jangka panjang.

Apa Itu Medical Check Up?

Medical check-up ni adalah serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan  secara menyeluruh, untuk mengetahui kesehatan kesehatan seseorang dan dilakukan secara berkala. Tujuan dari MCU sendiri merupakan salah satu langkah proaktif yang memiliki sifat preventif untuk mendeteksi potensi penyakit secara dini, re-evaluasi pemeriksaan kesehatan serta dilakukan sebagai salah satu upaya untuk kelayakan bekerja ( fit to work).Berbeda dengan pemeriksaan dengan dokter pada umumnya, medical check-up tidak menunggu kamu sakit. Kamu dapat memilih jenis pemeriksaan sesuai kebutuhan atau memilih paket medical check-up yang lengkap berdasarkan rekomendasi dokter.

Biaya Medical Check Up: Standar Pemerintah

Biaya Paket medical check-up bergantung pada rumah sakit atau laboratorium yang kamu pilih. Setiap tujuan pemeriksaan memiliki jenis tes khusus yang direkomendasikan. Standar biaya paket medical check-up pemerintah, seperti tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014, memberikan acuan dengan harga paket medical check-up sebagai berikut:

  • Paket dasar: Rp 757.000
  • Paket pegawai: Rp 262.000
  • Paket Tenaga Kerja Indonesia: Rp 711.000
  • Paket eksekutif pria: Rp 1.164.000
  • Paket eksekutif wanita: Rp 1.926.000
  • Paket medical check-up 100% dasar: Rp 349.000
  • Paket medical check-up 100% lengkap: Rp 471.000
  • Biaya medical check-up pranikah: Rp 328.000/orang
  • Biaya medical check-up pranikah (dengan pemeriksaan TORCH wanita): Rp 2.019.000
  • Biaya medical check-up pranikah (dengan pemeriksaan sperma pria): Rp 414.000
  • Biaya medical check-up tes jantung: Rp 946.000

Namun, biaya ini hanya sebagai acuan. Setiap fasilitas kesehatan dapat memiliki biaya yang berbeda, dan biaya standar pemerintah dapat berubah sesuai kebijakan pemerintah.

 

Apakah BPJS Dapat Digunakan untuk Medical Check Up?

Sayangnya, hingga saat ini, BPJS belum dapat menanggung biaya paket medical check-up karena umumnya medical check-up bersifat skrining  untuk menilai kondisi kesehatan tanpa adanya keluhan spesifik. Namun, hasil medical check-up dapat menjadi dasar rujukan untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut yang dapat dicover oleh BPJS.

Biaya Medical Check Up di Puskesmas

Bagi yang mencari alternatif dengan biaya lebih terjangkau, puskesmas juga menjadi pilihan. Harga paket medical check-up di puskesmas berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000, tetapi biasanya hanya mencakup pemeriksaan dasar. Untuk pemeriksaan lebih lengkap, dapat meminta rujukan dari dokter.

Siapa yang Perlu Menjalani Medical Check Up?

Semua orang, terutama mereka yang berusia 50 tahun ke atas, memiliki kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, atau memiliki riwayat kesehatan tertentu,berdasarkan peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi No.Per.02/MEN/1980 dikatakan bahwa pemeriksaan kesehatan WAJIB diadakan oleh semua perusahaan, instansi tempat bekerja sebagai indikator menilai kesehatan pegawai,  disarankan untuk menjalani medical check up secara rutin. Ini membantu mendeteksi dini potensi penyakit dan memberikan langkah preventif.

Apa Saja Prosedur Medical Check Up

Prosedur medical check-up melibatkan tahap tanya jawab, pemeriksaan tanda-tanda vital, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan khusus sesuai jenis kelamin. Dengan melalui tahapan ini, dokter dapat memberikan diagnosis dan rekomendasi pengobatan.

Apa Saja Manfaat Menjalani Medical Check Up

Manfaatnya meliputi menghindari risiko komplikasi penyakit, mendeteksi penyakit secara akurat, mencegah perkembangan penyakit, menghemat biaya kesehatan di masa depan, dan menghindari komplikasi pengobatan.

Jadi, meskipun biaya paket medical check-up dapat menjadi pertimbangan, manfaat jangka panjangnya bagi kesehatan dan penghematan biaya jangka panjang jauh lebih berharga. Jangan ragu untuk menjadwalkan medical check-up secara rutin demi kesehatan yang lebih baik. Itu adalah investasi terbaik untuk diri kamu sendiri.

Nah itulah beberapa informasi tentang paket medical check-up yang harus Anda ketahui. Jika Anda tertarik mengetahui estimasi biaya paket medical check-up, Virtu Digilab menyediakan berbagai kemudahan melalui aplikasi atau website. Dengan akses ke platform ini, Anda dapat memperoleh informasi yang akurat dan rinci mengenai biaya yang terkait dengan pemeriksaan kesehatan yang diinginkan.

Virtu Digilab telah menjadi pilihan utama bagi mereka yang mengutamakan keamanan dan perhatian dalam layanan kesehatan. Dengan komitmen untuk mengatasi penyakit dan meningkatkan umur panjang pasien, Virtu Digilab menawarkan pelayanan kesehatan terlengkap yang didukung oleh teknologi canggih dan sistem terintegrasi. Fokus pada keselamatan dan perhatian individual menjadikan Virtu Digilab sebagai laboratorium klinik dengan standar tertinggi. Untuk memudahkan akses ke suplemen atau vitamin yang mungkin dibutuhkan, gunakan aplikasi atau website Virtu Digilab. Dengan begitu, menjaga kesehatan secara menyeluruh dapat menjadi bagian integral dari gaya hidup sehat Anda.