Beberapa Jenis Pemeriksaan Kesehatan yang Umum di Laboratorium Klinik

Posted by: virtu_blog Comments: 0

Beberapa Jenis Pemeriksaan Kesehatan yang Umum di Laboratorium Klinik

Ditinjau oleh dr. Komang Juwita Endrawati, Sp.PK

Laboratorium klinik memainkan peran krusial dalam dunia kesehatan, membantu klinisi untuk  mendeteksi, mendiagnosis, dan memantau berbagai kondisi kesehatan. Pemeriksaan di laboratorium klinik memberikan informasi yang sangat berharga bagi dokter untuk membuat keputusan yang tepat mengenai perawatan pasien. Dalam artikel ini, kita akan melihat  jenis – jenis pemeriksaan kesehatan yang umum dilakukan di laboratorium klinik.

  1. Pemeriksaan Darah Lengkap (Complete Blood Count/CBC)

Pemeriksaan darah lengkap adalah salah satu pemeriksaan dasar yang paling umum dilakukan di laboratorium klinik. Tes ini memberikan gambaran menyeluruh tentang komponen darah, termasuk jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Pemeriksaan ini membantu dalam mendiagnosis kondisi seperti anemia, infeksi, dan gangguan pembekuan darah. CBC juga dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan umum dan keefektifan perawatan.

  1. Pemeriksaan kimia klinik

Pemeriksaan kimia klinik merupakan pemeriksaan laboratorium yang terdiri dari berbagai parameter diantaranya : lipid profile, glukosa, fungsi hati  dan fungsi ginjal.

A. Pemeriksaan Profil Lipid

Tes profil lipid digunakan untuk menilai kadar lemak dalam darah. Ini mencakup kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), kolesterol HDL (baik), dan trigliserida. Profil lipid dapat membantu menilai risiko penyakit cardiovaskular dan memberikan panduan untuk pengelolaan gaya hidup dan pengobatan. Pasien dengan kadar kolesterol tinggi mungkin perlu mengubah diet atau menggunakan obat-obatan untuk mengontrol risiko seperti  penyakit stroke, kardiovaskular untuk melakukan pemeriksaan ini, pasien dianjurkan untuk puasa dengan durasi 10- 12 jam sebelum pemeriksaan.

B. Glukosa Darah

Pemeriksaan glukosa darah digunakan untuk menilai kadar gula darah dalam tubuh. Pemeriksaan glukosa dapat dibagi menjadi glukosa darah puasa, glukosa darah sewaktu atau acak dan glukosa darah 2 jam setelah makan. Pada pasien- pasien yang dicurigai mengidap diabetes atau memiliki gejala-gejala klinis yang mengarah ke penyakit diabetes, biasanya akan diperiksa glukosa puasa dan glukosa 2 jam setelah makan. 

Glukosa darah puasa dilakukan apabila Seseorang setelah puasa semalaman dengan durasi waktu puasa 10- 12 jam .sedangkan glukosa darah sewaktu atau acak diperiksa 2 jam setelah pasien makan. Ini adalah tes penting untuk mendiagnosis diabetes atau pradiabetes. Penyakit Diabetes dapat memiliki dampak serius pada kesehatan jantung, ginjal, mata, dan sistem saraf. Melalui pemeriksaan glukosa darah puasa, dokter dapat merencanakan intervensi dini dan pengelolaan kondisi ini.

C. Pemeriksaan Fungsi Hati (Liver Function Tests/LFTs)

Pemeriksaan fungsi hati mencakup sejumlah tes yang mengevaluasi kesehatan hati. Tes ini melibatkan pengukuran enzim dan protein dalam darah yang dihasilkan oleh hati. Pemeriksaan ini dapat membantu dalam mendiagnosis penyakit hati seperti hepatitis, sirosis, atau gangguan fungsi hati lainnya. Monitoring rutin fungsi hati juga penting bagi pasien yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mempengaruhi hati.Monitoring pemeriksaan fungsi hati berkala sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

D. Pemeriksaan fungsi ginjal

Beberapa jenis pemeriksaan ginjal yang rutin dikerjakan antara lain : Blood Urea Nitrogen (BUN)  atau ureum merupakan pemeriksaan yang digunakan untuk menentukan kadar urea nitrogen dalam darah yang merupakan sisa zat metabolisme protein dan zat tersebut seharusnya dibuang melalui ginjal. Pemeriksaan fungsi ginjal dapat juga dilakukan secara berkala untuk pasien yang mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping terhadap ginjal.

Kemudian ada pemeriksaan Estimated Glomerular Filtration Rate atau e- GFR, yaitu sebuah perhitungan yang digunakan untuk menilai kemampuan ginjal. Perhitungan ini biasanya digunakan pada pasien yang mengalami gangguan ginjal atau memiliki gejala klinis yang mengarah pada gangguan fungsi ginjal.

Selanjutnya pemeriksaan kreatinin darah, merupakan pemeriksaan kadar kreatinin dalam darah. Kreatinin merupakan zat sisa hasil pemecahan otot yang akan dibuang melalui ginjal.

Sama halnya dengan pemeriksaan fungsi hati, pemeriksaan fungsi ginjal berkala sebaiknya dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Pemeriksaan Urine Lengkap (Urinalysis)

Pemeriksaan urine lengkap memberikan gambaran  tentang kesehatan ginjal dan saluran kemih. Tes ini melibatkan analisis berbagai komponen urine, termasuk glukosa, protein, darah, dan bahan kimia lainnya. Urinalisis dapat membantu mendeteksi masalah seperti infeksi saluran kemih, diabetes, atau gangguan ginjal. Dokter juga dapat menggunakan hasil tes ini untuk memantau respons terhadap pengobatan atau mengidentifikasi kondisi medis lainnya seperti tes kehamilan, pemeriksaan NAPZA.

 

Penting untuk diingat bahwa hasil pemeriksaan kesehatan di laboratorium klinik harus diinterpretasikan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi. Dokter akan mempertimbangkan hasil tes bersama dengan riwayat kesehatan pasien dan gejala yang mungkin dialami. Pemeriksaan kesehatan di laboratorium klinik adalah alat penting untuk merawat kesehatan secara preventif dan mendeteksi masalah kesehatan sejak dini. Dengan memahami jenis-jenis pemeriksaan ini, kita dapat lebih aktif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan kita.

Itulah beberapa jenis pemeriksaan kesehatan umum yang dapat diakses di laboratorium klinik. Virtu Digilab memberikan kemudahan akses melalui aplikasi atau situs web, memungkinkan Anda untuk mendapatkan estimasi harga cek darah lengkap yang akurat sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur tersebut. Dengan platform ini, informasi rinci tentang pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan dapat diakses dengan mudah, memberikan kenyamanan dan pengetahuan yang diperlukan sebelum mengambil keputusan mengenai perawatan kesehatan Anda.

Virtu Digilab tidak hanya menjadi sebuah laboratorium, tetapi juga mitra terpercaya dalam perjalanan kesehatan Anda. Dengan standar tertinggi, teknologi canggih, dan lokasi yang terdekat, Virtu Digilab berkomitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang andal dan komprehensif. Dengan akses yang mudah melalui aplikasi atau situs web, Virtu Digilab telah membuktikan diri sebagai laboratorium terkemuka di Indonesia yang tidak hanya mengutamakan keamanan, tetapi juga kenyamanan serta kepuasan pasien.