Cek Hematologi Lengkap: Biaya, Prosedur & Manfaatnya

Posted by: virtu_blog Comments: 0

Cek Hematologi Lengkap: Biaya, Prosedur & Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Komang Juwita Endrawati, Sp.PK

Cek hematologi lengkap, merupakan langkah penting dalam mendeteksi gangguan-gangguan yang mungkin terjadi pada darah, merupakan salah satu penunjang yang membantu dokter dalam menegakkan diagnosis yang akurat dan memberikan penanganan yang sesuai. Dalam ulasan berikut, mari kita eksplorasi lebih dalam mengenai ilmu dan pemeriksaan hematologi.

 

Apa itu Hematologi?

Hematologi adalah cabang ilmu yang mempelajari darah secara menyeluruh, termasuk komponen-komponen di dalamnya dan segala jenis gangguan yang mungkin terjadi. Peran hematologi sangat krusial dalam proses diagnosis maupun perencanaan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan pasien.

Dokter yang ahli dalam bidang ini disebut sebagai hematolog atau, secara lebih spesifik, hematolog-onkolog. Mereka memiliki tanggung jawab yang luas, mulai dari mendiagnosis hingga mengobati serta mencegah berbagai gangguan yang terkait dengan darah.

 

Di Indonesia, spesialisasi dalam hematologi seringkali tergabung dengan spesialisasi dalam bidang onkologi, sehingga dikenal sebagai dokter spesialis hematologi-onkologi.

Dokter hematologi-onkologi sering bekerja sama dengan berbagai jenis dokter lain, termasuk dokter umum, dokter bedah onkologi, dokter spesialis penyakit dalam, dan dokter patologi klinik, untuk menegakkan diagnosis yang akurat dan memberikan perawatan yang optimal kepada pasien.

 

  1. Pentingnya Pemeriksaan Hematologi 

Pemeriksaan hematologi secara general dibagi dua yaitu pemeriksaan hematologi umum dan khusus. Salah satu pemeriksaan hematologi secara umum adalah Pemeriksaan darah lengkap. Pemeriksaan darah lengkap  merupakan pemeriksaan yang menggunakan spesimen darah untuk mengetahui kualitas darah baik secara jumlah, dan bentuk- bentuk sel darah di dalamnya. Pemeriksaan darah lengkap memungkinkan evaluasi kesehatan secara umum, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi adanya tanda-tanda infeksi serta membantu dalam diagnosis berbagai penyakit. Pada pemeriksaan Medical Check Up, Pemeriksaan Darah lengkap dapat digunakan sebagai skrining untuk mendeteksi adanya kelainan atau gangguan dalam darah.

 

  1. Jenis-jenis Tes Hematologi

Berikut beberapa tes hematologi berdasarkan jenisnya :  

  1. Pemeriksaan Hematologi Umum, salah satunya adalah pemeriksaan darah lengkap atau yang sering kita kenal sebagai Complete Blood Count (CBC) atau Darah Lengkap (DL). Tes darah lengkap, atau complete blood count (CBC), bertujuan untuk menganalisis tiga komponen utama darah: eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit (keping darah atau platelet). Selain itu, pemeriksaan ini juga memberikan informasi tentang kadar hemoglobin dalam darah, kadar hematokrit, pengukuran indeks eritrosit, dan hitung jenis sel darah putih (leukosit) diferensial yang terdiri dari 5 macam jenis diferensiasi sel (neutrofil, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil).
  2. Pemeriksaan Hematologi khusus, meliputi : PT, PTT, dan INR, Aspirasi Sumsum Tulang, pembacaan Hapusan Darah Tepi, Perhitungan Retikulosit dan perhitungan Laju Endap Darah (LED).

           2.1. Pemeriksaan PT (Prothrombin Time), APTT (Activated Partial Thromboplastin Time), dan INR (International Normalized Ratio) 

Digunakan untuk pemeriksaan adanya gangguan pembekuan darah dan memonitor efektivitas pengobatan pasien, terutama mereka yang menggunakan obat yang mengandung pengencer darah seperti warfarin atau heparin.

          2.2 Aspirasi Sumsum Tulang

 Aspirasi sumsum tulang adalah pemeriksaan dalam bidang hematologi yang dilakukan dengan mengambil, aspirasi sampel darah dari sumsum tulang. Tes ini berguna untuk menegakkan diagnosis gangguan hematologi terutama yang dicurigai terjadi keganasan darah (Leukemia atau sering kita kenal dengan kanker darah).

         2.3 Pemeriksaan Hapusan Darah Tepi (HDT)

Pemeriksaan ini bertujuan menilai bentuk atau morfologi suatu sel darah, yang biasanya dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis yang terkait dengan gangguan darah seperti anemia, leukemia.

        2.4 Pemeriksaan Retikulosit

Retikulosit merupakan sel darah merah imature atau muda yang tidak berinti dan mengandung sisa RNA  dalam sitoplasmanya. Pemeriksaan ini bertujuan melihat adanya sel darah yang imature atau belum matang pada darah.jumlah retikulosit dalam darah. 

        2.5. Pemeriksaan Laju Endap Darah (LED)

Tujuan Pemeriksaan ini adalah untuk mengukur kecepatan pengendapan sel darah merah di dalam plasma dalam interval waktu tertentu. Pemeriksaan ini dilakukan pada pasien dengan penyakit yang kronis, adanya keganasan serta digunakan sebagai syarat sebelum melakukan operasi. Untuk dapat melakukan pemeriksaan ini, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

  1. Prosedur Tes Hematologi Rutin

Untuk menjalani tes hematologi rutin, pasien tidak perlu berpuasa sebelumnya. Namun, pasien disarankan untuk memberitahukan kepada petugas medis mengenai obat atau suplemen yang sedang dikonsumsi secara rutin, serta riwayat penyakit.  Selain itu, pasien juga harus mengenakan pakaian yang mudah dilepas pada lengan. Proses pengambilan sampel darah dilakukan melalui pembuluh darah vena oleh dokter atau petugas medis, dan kemudian sampel darah tersebut dikirimkan ke laboratorium untuk dianalisis. Setelah prosedur selesai, pasien dapat kembali menjalani rutinitas sehari-hari mereka.

 

Biaya Pemeriksaan Hematologi di virtudigilab

Biaya pemeriksaan hematologi lengkap di virtudigilab bervariasi tergantung pada jenis pemeriksaan yang dipilih. Dengan komitmen untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau, virtudigilab menawarkan harga yang bersaing untuk pemeriksaan hematologi lengkap. Kisaran biaya untuk tes hematologi lengkap di Indonesia berkisar mulai dari Rp30.000 hingga Rp200.000, tergantung pada jenis pemeriksaan yang dilakukan.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cek hematologi lengkap yang perlu diketahui. Dengan Virtu Digilab memberikan kemudahan akses melalui aplikasi atau situs web, memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi mengenai pemeriksaan gangguan hati yang lebih akurat sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur tersebut. Dengan platform ini, informasi rinci tentang pemeriksaan kesehatan yang kamu butuhkan dapat diakses dengan mudah, memberikan kenyamanan dan pengetahuan yang diperlukan sebelum mengambil keputusan mengenai perawatan kesehatan.

 

Virtu Digilab tidak hanya menjadi sebuah laboratorium, tetapi juga mitra terpercaya dalam perjalanan kesehatan. Dengan standar tertinggi, teknologi canggih, dan lokasi yang terdekat, Virtu Digilab berkomitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang andal dan komprehensif. Dengan akses yang mudah melalui aplikasi atau situs web, Virtu Digilab telah membuktikan diri sebagai laboratorium terkemuka di Indonesia yang tidak hanya mengutamakan keamanan, tetapi juga kenyamanan serta kepuasan pasien.