Ketahui Pemeriksaan Darah untuk Tipes: Pengertian, Jenis Cek Darah untuk Tipes

Posted by: virtu_blog Comments: 0

Ketahui Pemeriksaan Darah untuk Tipes: Pengertian, Jenis Cek Darah untuk Tipes

Ditinjau Oleh dr. Komang Juwita Endrawati, Sp.PK

Tipes adalah penyakit yang seringkali disamakan dengan demam berdarah karena gejalanya yang mirip. Untuk memastikan apakah seseorang menderita tipes diperlukan pemeriksaan khusus sebagai acuan diagnosis. Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal tentang cek darah untuk tipes, mulai dari jenis-jenisnya hingga kapan sebaiknya tes ini dilakukan.

Apa Itu Tipes?

Tipes atau demam tifoid, adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat menyebar melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri tersebut.

Menurut World Health Organization (WHO), terdapat sekitar 11 hingga 20 juta kasus tipes setiap tahunnya di seluruh dunia. Penyakit ini umumnya ditemukan di negara-negara berkembang seperti India, Bangladesh, dan Indonesia.

 

Fungsi Cek Darah untuk Tipes

Tujuan utama dari pemeriksaan ini adalah untuk memastikan diagnosis penyakit tipes dan memulai pengobatan yang tepat. Selain itu, pemeriksaan tipes juga dapat digunakan untuk menentukan tingkat keparahan penyakit, memantau perkembangan setelah pengobatan dimulai, dan membantu mencegah penyebaran infeksi.

 

Kapan Harus Melakukan Cek Darah untuk Tipes?

Beberapa kondisi di bawah ini menunjukkan saat seseorang perlu menjalani tes tipes:

  • Demam : 

Demam merupakan tanda awal terjadinya sebuah inflamasi atau peradangan pada tubuh. Demam juga dapat mengindikasikan adanya infeksi akut. Namun,

gejala demam ini tidak spesifik menandakan adanya infeksi bakteri salmonella,sehingga perlu dilakukan konfirmasi pemeriksaan darah lengkap dan pemeriksaan khusus untuk deteksi adanya bakteri Salmonella typhi.

  • Gejala Infeksi Saluran Pencernaan: 

Jika seseorang mengalami mual, muntah, diare, dan sakit perut, mungkin mereka memiliki infeksi saluran pencernaan dan perlu untuk diagnosis yang tepat.

  • Riwayat konsumsi makanan atau minuman: 

Apabila ada riwayat setelah konsumsi makanan atau minuman tertentu, kemudian muncul gejala demam, mual, muntah, diare, sebaiknya lakukan pemeriksaan darah lengkap dan pastikan sebelum melakukan pemeriksaan darah sudah berkonsultasi dengan dokter.

 

Jenis Cek Darah Tipes

Ada  beberapa jenis pemeriksaan tipes yang umum dilakukan :

  • Darah lengkap: 

Pemeriksaan umum yang sering dikerjakan, gunanya untuk mengetahui ada atau tidaknya infeksi atau inflamasi secara umum. Pemeriksaan ini tidak perlu persiapan khusus dan dapat dilakukan saat keluhan demam hari ke-3

  • Tes Tubex

Merupakan uji aglutinasi semikuantitatif kompetitif untuk mendeteksi antibodi IgM  terhadap O-9 Salmonella typhi antigen polisakarida yang muncul pada hari ke 3 atau hari ke 4 demam. Sampel pemeriksaan darah yang akan di sentrifugasi untuk mendapatkan serum dan diperiksa, tanpa ada persiapan khusus.

  • IgM dan IgG anti Salmonella

Pemeriksaan IgM dan IgG anti salmonella merupakan pemeriksaan untuk mengetahui adanya respons antibodi terhadap infeksi Salmonella. IgM yang positif menunjukkan adanya infeksi baru atau akut terhadap Salmonella, sedangkan IgG yang positif menandakan telah terjadi infeksi sebelumnya. Apabila IgM dan IgG keduanya positif, ,menandakan saat ini sedang ada infeksi akut baru dan sebelumnya sudah pernah mengalami infeksi Salmonella.Pemeriksaan ini dapat dilakukan saat demam hari ke 3 atau ke 4. Tidak ada persiapan khusus sebelum melakukan pemeriksaan ini.

  • Tes Widal

Tes Widal digunakan untuk membantu mendiagnosis infeksi tipes atau demam tifoid. Tes ini mencari antibodi yang dihasilkan oleh tubuh sebagai respons terhadap bakteri Salmonella typhi.Dengan menggunakan metode aglutinasi dan hasil yang keluar semikuantitatif berupa titer. Pasien tidak ada persiapan khusus. Pemeriksaan ini umum dikerjakan, namun kurang sensitif, sebaiknya dikerjakan setelah demam di hari ke 6 atau lebih.

 

Semoga informasi ini membantu memahami lebih baik mengenai cek darah untuk tipes dan kapan sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk mencegah serta mengobati penyakit ini dengan cepat dan tepat.

 

Virtu Digilab merupakan solusi terkemuka untuk menemukan laboratorium terdekat dengan mudah. Melalui aplikasi atau situs web kami, Anda dapat dengan cepat mengakses informasi yang akurat tentang biaya pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan. Kami fokus pada keamanan dan kenyamanan pasien, tidak hanya menyediakan layanan kesehatan lengkap, tetapi juga berkomitmen untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan Anda. Dapatkan suplemen atau vitamin yang dibutuhkan dengan mudah melalui platform ini, sehingga menjaga kesehatan secara menyeluruh menjadi bagian dari gaya hidup sehat Anda.