Kisaran Biaya Cek Darah Demam Berdarah Terbaru 2024

Posted by: virtu_blog Comments: 0

Kisaran Biaya Cek Darah Demam Berdarah Terbaru 2024

Ditinjau Oleh dr. Dhinasty Armenia, Sp.PK

Infeksi demam berdarah merupakan kondisi yang memerlukan penanganan cepat dan tepat karena salah satu komplikasi yang dapat terjadi adalah syok yang dapat mengakibatkan penurunan kesadaran sampai kematian apabila tidak ditangani dengan baik. Infeksi demam berdarah disebabkan oleh virus dengue. Salah satu cara untuk mendeteksi kondisi ini adalah melalui pemeriksaan darah yang dapat memberikan gambaran kondisi kesehatan seseorang. Di artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis hingga biaya cek darah demam berdarah di tahun 2024.

 

Tujuan Cek Demam Berdarah

Pemeriksaan darah pada Demam Berdarah Dengue (DBD) bertujuan untuk menentukan apakah seseorang telah terkena infeksi virus dengue dan memantau perkembangan penyakit tersebut. Biasanya, tes ini direkomendasikan untuk seseorang yang mengalami gejala demam, nyeri otot, nyeri kepala, mual muntah,serta tanda perdarahan seperti muncul nya bintik kemerahan di kulit, mimisan atau gusi berdarah. 

Pemeriksaan ini juga penting untuk memperoleh diagnosis yang tepat karena gejalanya dapat menyerupai berbagai penyakit lain. Oleh karena itu, dengan melakukan tes darah pada kasus dengan gejala demam diharapkan dapat membantu dalam  mendapatkan diagnosis pasti sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat.

 

Jenis Cek Demam Berdarah

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk memastikan diagnosis DBD , yaitu:

 

  1. Pemeriksaan Darah Lengkap

Pemeriksaan ini mencakup jumlah eritrosit, kadar hemoglobin, nilai hematokrit, indeks eritrosit, trombosit serta jumlah dan hitung jenis leukosit. Pemeriksaan darah lengkap ini dapat dilakukan secara serial sebagai pemantauan perkembangan penyakit DBD. 

 

  1. Tes NS1

Tes ini bertujuan untuk mendeteksi antigen, keberadaan protein NS1 dari virus dengue dalam darah. Antigen NS1 muncul awal pada hari pertama setelah serangan demam dan menurun ke tingkat tidak terdeteksi setelah 5-6 hari. Sehingga pemeriksaan ini direkomendasikan untuk dilakukan pada fase awal infeksi.

 

  1. Tes IgM dan IgG Dengue

Tes ini digunakan untuk mendeteksi antibodi IgM dan IgG terhadap virus dengue pada individu yang terinfeksi DBD. Umumnya dilakukan setelah 5 hari sejak munculnya gejala.

 

  1. Pemeriksaan darah lainnya

Pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan kimia darah seperti fungsi hati dan ginjal (SGOT, SGPT, ureum, kreatinin), elektrolit, laktat yang nilai nya dapat terjadi kelainan akibat komplikasi dari infeksi DBD. 

 

Prosedur Cek Demam Berdarah

Meskipun ada berbagai jenisnya, semua pemeriksaan ini melibatkan pengambilan sampel darah. Namun, perbedaannya terletak pada tabung darah yang digunakan untuk mengambil sampel darah serta metode pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium.

 

Berikut adalah prosedur umum dari cek infeksi DBD:

  • Langkah awal, dokter akan melakukan wawancara terkait gejala dan riwayat penyakit belakangan ini.
  • Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga tanda vital seperti tekanan darah, suhu, denyut nadi dan laju pernapasan. 
  • Jika dicurigai terjangkit infeksi DBD, dokter akan merekomendasikan tes darah.
  • Tes darah dilakukan oleh dokter atau petugas medis dengan menyuntikkan jarum kecil dan mengambil sampel darah yang dibutuhkan.
  • Setelah sampel darah didapat, akan dibawa ke laboratorium untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Biaya Cek Darah Demam Berdarah

Biaya untuk cek darah pada kasus DBD di Indonesia secara umum dapat bervariasi tergantung pada tempat, fasilitas, dan jenis pemeriksaan yang dilakukan. Namun, sebagai perkiraan kasar, biaya untuk cek darah demam berdarah di Indonesia berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000 atau lebih, tergantung pada jenis pemeriksaan yang diperlukan dan fasilitas kesehatan yang kita pilih. Pastikan untuk memeriksa dengan tepat biaya yang berlaku di tempat Anda melakukan pemeriksaan.

 

Penutup 

Itulah beberapa ulasan mengenai kisaran biaya cek darah demam berdarah terbaru 2024 yang harus Anda tahu. Jika Anda mencari cara mudah untuk melakukan cek darah, kunjungi saja website Virtu Digilab. Layanan dari Virtu Digilab ini memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan darah menyeluruh guna mengetahui kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat merasa tenang karena akan ditangani oleh tenaga medis yang terpercaya. Dengan layanan cek darah lengkap dari Virtu Digilab ini, Anda pasti akan merasa lebih aman dan nyaman.